PESONA TUGU KHATULISTIWA MONUMEN EQUATOR LANDMARK KOTA PONTIANAK

PESONA TUGU KHATULISTIWA MONUMEN EQUATOR LANDMARK KOTA PONTIANAK

PESONA TUGU KHATULISTIWA MONUMEN EQUATOR LANDMARK KOTA PONTIANAKTugu khatulistiwa vector. Kata bijak menceritakan jika berkunjung ke Pontianak belum sampai di kota Pontianak jika belum sampai ke beberapa tempat tertentu. Salah satu tempat yang di maksud adalah tugu khatulistiwa. Tugu yang letaknya di garis khatulistiwa ini memang sangat terkenal sekali dan tugu ini menjadi ciri khas dari kota Pontianak. Sebagai sebuah monumen yang menjadi daya tarik wisata yang ada di kota Pontianak, pastinya tugu khatulistiwa memiliki pesona sendirinya. Tugu Khatulistiwa ini berada di jalan Khatulistiwa, Pontianak Utara, Provinsi Kalimantan Barat jika dari pusat kota akan menempuh sekitar 3 km.

PESONA TUGU KHATULISTIWA MONUMEN EQUATOR LANDMARK KOTA PONTIANAK

Untuk menuju ke lokasi ini kalian bisa menggunakan mobil atau motor jika berkunjung dengan
rombongan lebih baik menggunakan mobil yang dapat di sewa dari rental mobil pontianak dan rental mobil pontianak murah. sejarah tugu khatulistiwa ini terdapat dan dapat di baca pada catatan yang terdapat di dalam gedung khatulistiwa ini. Berdasarkan catatan yang ditulis pada tahun 1941 dari V. en. W oleh Opzichter Wiese dikutip dari Bijdragen tot geografi dari Chef Van den topographischen dienst in Nederlandschindie: Den 31 sten Maart 1928 telah datang di Pontianak satu ekspedisi Internasional yang dipimpin oleh seorang ahli geografi berkebangsaan belanda untuk menentukan titik atau tonggak garis equator di Kota Pontianak
dengan konstruksi sebagai berikut:

  1. Pada tanggal 31 maret tahun 1928 Tugu Khatulistiwa Pontianak pertama kali dibangun oleh tim
    ekspedisi geogradi internasional dengan seorang ahli Geografi berkebangsaan Belanda. Mereka
    menemukan titik yang tepat berada di garis khatulistiwa dengan cara astronomi yang artinya mereka tanpa mempergunakan alat yang canggih seperti satelit dan GPS dalam ekspedisi ini mereka berpatokan pada garis yang tidak smooth (garis tak rata/ bergelombang) serta berpatokan pada rasi bintang dan benda alam lainnya. Penandaan pertama kali di bangun sebuah tanda yang berupa tonggak dengan anak panah.
  2. Tahun 1930 tugu khatulistiwa disempurnakan, dengan bangunan yang berupa tonggak dengan
    lingkaran dan anak panah.
  3. Tahun 1938 tugu khatulistiwa mengalami pemugaran dan kemudian dibangun kembali dengan
    penyempurnaan oleh opzicter / architech Silaban. Tugu asli yang telah di banggun pada 8 tahun
    sebelumnya masih bisa dilihat pada bagian dalam,
  4. Tahun tahun 1990, kembali Tugu Khatulistiwa mengalamai renovasi dengan pembuatan kubah untuk melindungi tugu asli serta pembuatan duplikat tugu dengan ukuran lima kali lebih besar dari tugu yang aslinya.
READ  18 Hotel Dan Penginapan Murah Pontianak Di Jalan Gajahmada

Peresmiannya jatuh pada tanggal 21 September 1991. gambar tugu khatulistiwa, gambaran monumen yang menjadi objek wisata ini berupa tugu yang terdiri dari 4 buah tonggak kayu belian, masing-masing berdiameter 0,30 meter, dengan ketinggian tonggak bagian depan sebanyak dua buah setinggi 3,05 meter dan tonggak bagian belakang tempat lingkaran dan
anak panah penunjuk arah setinggi 4,40 meter. tulisan EVENAAR pada lingkaran memiliki panjang 2,11 meter dan denganpanjang penunjuk arah 2,15 meter. Tulisan plat di bawah anak panah tertera 109o 20′ OLvGr menunjukkan letak berdirinya tugu khatulistiwa pada garis Bujur Timur.

Arti dari tugu khatulistiwa sendiri sebagai penanda dari garis ekuator yang pada saat tertentu menjadi tempat peristiwa penting yang dikenal sebagai terjadinya titik kulminasi matahari. Titik kulminasi matahari yaitu fenomena alam dimana matahari berada tepat di atas garis khatulistiwa. Pada saat itu posisi matahari akan berada tepat diatas kepala sehingga bayangan -bayangan benda-benda di permukaan bumu akan menghilang beberapa detik. Begitu juga dengan bayangan tugu itu sendiri.

Selain itu terjadi juga fenomena telur yang bisa berdiri tegak tanpa perlu di sentuh. Peristiwa titik kulminasi matahari ini terjadi setiap dua kali dalam setahun yaitu diantara tanggal 21-23 maret dan 21-23 september. Peristiwa ini menyedot banyak wisatawan yang datang untuk melihat nya dan juga pada setiap tanggal tersebut diadakan acara seperti pesta rakyat disekitaran halaman tugu khatulistiwa.

Makna simbolik tugu khatulistiwa keterangan simbol berupa flat lingkaran yang bertuliskan EVENAAR yang artinya Khatulistiwa (bahasa Belanda) menunjukan belahan garis Khatulistiwa atau batas utara dan selatan. Pada bagian bawah arah panah ditulis 109 derajat, 20 derajat artinya garis di Khatulistiwa di kota Pontianak bertepatan dengan 109 derajat garis Bujur Timur 20 Menit. 00 detik GMT.

READ  ISTANA KADRIAH PONTIANAK DAN ASAL USUL SEJARAH KOTA PONTIANAK

Selain tentang tugu khatulistiwa yang memang mempesona, diarea sungai depan tugu ini juga terdapat tempat dimana kalian bisa mengabadikan photo di tepian sungai kapuas. Area sekitar tugu sekarang ini pun telah di desain dengan semenarik mungkin dengan area rumah kayu dan patung kuda kayu disana yang pastinya akan menjadi objek photo yang menarik yang sayang untuk dikunjungi. Kesulitan untuk mengunjungi monumen khas yang menjadi tempat wisata ini adalah sedikitnya tersedia kendaraan yang mudah untuk di tumpangi dengan tujuan tugu khatulistiwa maka dari itu bagi kalian yang dari luar kota Pontianak jangan sedih jika untuk berkunjung kesana butuh waktu dan kendaraan karena Rental Mobil Pontianak menyediakan kendaraan dengan harga yang murah sehingga mempermudah anda yang ingin mengunjungi
tugu khatulistiwa yang merupakan monumen khas dari kota pontianak ini. 

Demikian info dari kami rental mobil Pontianak tentang PESONA TUGU KHATULISTIWA MONUMEN EQUATOR LANDMARK KOTA PONTIANAK

Content Protection by DMCA.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×
eSQiu Can We Help You?