Terminal Antar Negara Tipe A Sungai Ambawang Kubu Raya Pontianak Kalimantan Barat

Terminal Antar Negara Tipe A Sungai Ambawang Kubu Raya Pontianak Kalimantan Barat.

Terminal Antar Negara Tipe A Sungai Ambawang Kubu Raya Pontianak Kalimantan Barat. Terminal Antar Negara Tipe A ALBN ini adalah satu-satunya terminal bus Internasional yang ada di Indonesia pada saat ini. Namun status Terminal Tipe A melalui banyak lika-likunya. Diawal berdiri Terminal ini dilimpahkan kepada Kabupaten Kubu Raya karena memang berdasarkan letak bangunannya berada di daerah dan kawasan Kabupaten Kubu Raya. Selanjutnya Terminal ALBN yang luasnya lebih dari 2 (dua) hektar ini dialihkan kepada Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Barat. Dibawah Provinsi banyak sekali kemajuan yang ada di Terminal ALBN ini. Mulai dari penegakan aturan yang sesuai dengan aturan Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Barat. Dan juga pernah memiliki tenaga cleaning servis yang berasal dari pihak ke-3 atau yang biasa disebut dengan vendor.

Terminal Antar Negara Sungai Ambawang Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat Malam Hari

Terminal Antar Negara Sungai Ambawang Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat Malam Hari

Terminal Antar Negara Sungai Ambawang Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat

Terminal Antar Negara Sungai Ambawang Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat

Pada tahun 2017 ini status Terminal ALBN ini beralih dari Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Barat ke Kementerian Perhubungan Republik Indonesia. Jadi status Terminal ALBN Sungai Ambawang Kubu Raya Pontianak Kalimantan Barat adalah dibawah Kementerian Perhubungan Republik Indonesia. Namun tetap saja terminal ini belum diresmikan sampai sekarang, dikarenakan persiapan terminal yang saat ini masih dan terus dibenahi serta disempurnakan. Mengenai operasional terminal sendiri saat ini masih tetap seperti 3 (tiga) atau 4 (empat) tahun yang lalu dengan penambahan serta penyempurnaan yang terus dilakukan.

Tarif Bus Damri

Tarif Bus Damri

Operasional Terminal dimulai dari pagi hari yaitu dari pukul 06.00 wib sampai dengan 08.00 wib. Pukul 06.00 sd Pukul 07.00 wib adalah waktu keberangkatan Bus ALBN (Antar Lintas Batas Negara) yaitu:

READ  Terminal Antar Negara

1. Bus Damri Jurusan Pontianak - Brunei Darussalam (harga tiket sekitar rp.750.000,- dan perkiraan waktu sampai di Brunei Darussalam sekitar 25 jam) ,

2. Bus ADBS Jurusan Pontianak - Brunei Darussalam (harga tiket sekitar rp.750.000,- dan perkiraan waktu sampai di Brunei Darussalam sekitar 25 jam),

3. Bus Damri Jurusan Pontianak - Kuching Malaysia (harga tiket rp.230.000,- dan perkiraan waktu sampai ke Kuching Malaysia sekitar 8 (delapan) Jam)) dan,

4. Bus SJS (Setia Jiwana Sakti) Jurusan Pontianak - Kuching Malaysia (harga tiket rp.230.000,- dan perkiraan waktu sampai ke Kuching Malaysia sekitar 8 (delapan) Jam)).

5. Pukul 08.00 wib adalah adalah waktu keberangkatan Bus ALBN (Antar Lintas Batas Negara) yaitu Bus Eva Jurusan Pontianak - Kuching Malaysia (harga tiket rp.230.000,- dan perkiraan waktu sampai ke Kuching Malaysia sekitar 8 (delapan) Jam)).

Jam Operasional berikutnya dimulai pukul 12.00 wib (bisa lebih awal dan bisa lebih lambat) sampai dengan pukul 17.00 atau 18.00 wib, adalah waktu tiba dari bus-bus dari Jurusan Brunei Darussalam dan Kuching Malaysia ke Terminal Antar Negara. Kurang lebih 10 sampai dengan 12 atau 13 bus akan tiba di terminal Tipe A ALBN Sungai Ambawang Kubu Raya Pontianak Kalimantan Barat. Jumlah ini akan bertambah 2 (dua) kali lipat pada saat mudik lebaran. Jam operasional berikutnya dimulai pada pukul 20.00 wib sampai dengan 21.00 wib, adalah waktu keberangkatan bus-bus Jurusan Pontianak - Kuching Malaysia.

Terminal Tipe A ALBN Sungai Ambawang Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat

Terminal Tipe A ALBN Sungai Ambawang Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat

Bus-bus yang berangkat pada pukul 21.00 wib tersebut adalah

1. Bus Damri,

2. Bus Eva,

3. Bus Saphhire atau Sri Merah atau Kirata,

4. Bintang Jaya,

5. Bus Biaramas. (urutan bus-bus ini berdasarkan urutan keberangkatan dari terminal Tipe ALBN Sungai Ambawang Kubu Raya Pontianak Kalimantan Barat, karena yang terakhir adalah bus Biaramas).

READ  Tes Kesehatan Dan Tertulis Petugas Non ASN Terminal ALBN Sei Ambawang & Jembatan Timbang BPTD Wilayah XIV

Bagi Anda yang baru pertama kali masuk ke terminal ALBN bisa mengikuti video yang ada di artikel ini. Selanjutnya ada bisa bertanya langsung dengan para petugas yang berada bagian informasi atau yang berada di lobby terminal. Anda akan diberikan penjelasan secara detail oleh para petugas mulai dari letak loket yang menjual tiket dan tempat chek in tiket, sampai dengan diarahkan menuju ke ruang keberangkatan Bus ALBN. Di Terminal ini ada kurang lebih 76 petugas yang dibagi menjadi 4 regu petugas Putra dan 3 regu Petugas Putri. Petugas Putra dibagi menjadi 3 (tiga) shift yang bergantian dan secara kontinue atau terus menerus bertugas di terminal. Untuk regu putri dibagi menjadi 2 shift kerja.

Selain bus ALBN, terminal ini juga melayani turun naik penumpang Bus AKDP (Antar Kota Dalam Provinsi), Antar Provinsi, dan Angkutan Pedesaan. Namun belum berfungsi secara maksimal atau 100%. Yang berjalan saat ini adalah kewajiban dari bus AKDP untuk menurunkan dan menaikkan penumpang di terminal ALBN yang datang dari Kabupaten Sintang, Kabupaten Melawi atau Nanga Pinoh dan Kabupaten Kapuas Hulu atau Putussibau. Namun hal ini belum berjalan 100% dikarenakan banyak faktor. Seiring berjalannya waktu terminal Tipe A ALBN Sungai Ambawang Kubu Raya Pontianak Kalimantan Barat terus berbenah dan oktober 2017 ini juga sudah menyelesaikan tahap renovasi bangunan yang semua petunjuk tempat dan bangunan berubah menjadi Terminal ALBN Tipe A Sungai Ambawang Kubu Raya Pontianak Kalimantan Kementerian Perhubungan. Demikian Informasi tentang Terminal Antar Negara Tipe A Sungai Ambawang Kubu Raya Pontianak Kalimantan Barat

Content Protection by DMCA.com

Leave a Reply

WhatsApp Us